The Time Traveler’s Wife

The Time Traveler’s Wife adalah sebuah film yang dibuat berdasarkan novelnya -dengan judul yang sama-. Karena aku baca bukunya baru nonton filmnya di DVD, jadi aku review filmnya aja yah.. Next, aku akan beli bukunya *insya Allah*:mrgreen:

Filmnya bercerita tentang Henry de Tamble yang mempunyai penyakit genetika -semacam kemampuan juga- dapat menjelajahi waktu. Henry bisa pergi kemana pun dan kapan pun ke berbagai tempat yang tak dikenalinya, dalam waktu 10 tahun ke belakang ataupun ke depan. Setiap Henry menghilang ke tempat lain, selalu saja pakaian yang dipakainya itu tertinggal. Sehingga ketika Henry ada di tempat lain, ia dalam keadaan naked. Henry tidak pernah bisa memahami dan mengerti apa yang terjadi dengan dirinya yang bisa menjelajah waktu, bahkan Henry juga punya seorang dokter pribadi yang terus berusaha memecahkan keanehan ini.

Saat berpindah-pindah waktu Henry bertemu dengan Clare Abshire, seorang anak perempuan biasa yang tinggal di Michigan dan pada akhirnya jatuh cinta pada Henry. Clare -pertama kali- bertemu Henry saat usianya 6 tahun, sedangkan Henry berusia 36 tahun. Henry tiba-tiba berada di sebuah ladang rumput, yang kemudian diketahui sebagai halaman rumah Clare. Disana ada Clare yang sedang bermain, dan dikagetkan dengan kedatangan Henry. Akhirnya, pertemuan ini sering terjadi. Clare selalu menunggu kedatangan Henry dan menyiapkan pakaian untuk Henry.

Saat Clare bertemu Henry dalam versi real time -Henry disaat umur yang sesuai di tahun itu- Clare sangat senang bertemu dengan Henry (bertemunya di Perpustakaan loh..):mrgreen: dan mengajaknya bertemu di restoran yang sangat disukai oleh Henry. Clare merasa lucu sendiri karena ia merasa telah begitu mengenal Henry dari pertemuan-pertemuan sebelumnya, tentunya dengan Henry dari masa yang akan datang. Tetapi Henry sendiri merasa tidak mengenal Clare, ia bersikap wajar layaknya berkenalan dengan orang baru. Clare sempet kesal karena Henry tidak mengenalnya.

Clare dan Henry akhirnya menikah, kehidupan rumah tangganya berjalan normal. Tetapi Henry masih sering menghilang mejelajahi waktunya. Clare sudah beberapa kali hamil, akan tetapi selalu keguguran -janin bayinya seperti menjelajahi waktu juga-. Pada akhirnya, mereka mempunyai seorang anak perempuan yang dinamakan Alba. Nama untuk anaknya ini diambil dari hasil perjalanan waktu Henry, yang bertemu Alba di masa depan. Alba pun memiliki kemampuan menjelajahi waktu seperti ayahnya, akan tetapi Alba bisa mengendalikannya dengan bernyanyi.

Henry meninggal di usia 40 tahun, saat Alba merayakan ulang tahunnya yang kelima. Henry kembali menjelajahi waktu, dan tertembak senapan pemburu binatang di hutan. Di saat Alba berusia 9 tahun, Henry tiba-tiba datang di halaman rumah Clare kecil. Disitu ada Alba (yang sudah berusia 9 tahun) sedang bermain dengan sepupunya. Alba pun menyuruh sepupunya untuk memanggil ibunya, Clare. Pertemuan Clare dan Henry untuk yang terakhir kalinya di tempat yang sama saat Clare kecil.

*****

Film ini termasuk film yang romantisπŸ™‚ Dari filmnya kita bisa belajar tentang kesetiaan, tentang bagaimana harus tetap bertahan, tetap mencintai orang yang kita pilih untuk jadi pendamping hidup kita.

Dan kalau menurut aku, Clare menjadi tokoh utama cerita ini, bukan Henry. Karena Clare lah yang bertahan. Ia tetap ada di tempatnya saat Henry tiba-tiba menghilang entah kemana, dan kadang kembali setelah beberapa hari kemudian. Ia tetap menunggu Henry muncul kembali, sambil mengisi waktu dengan kesibukan seni nya. Clare harus pasrah dengan menghilangnya Henry saat mungkin ia membutuhkan Henry untuk berada di sisinya.

Oia, Henry disini diceritakan sebagai seorang librarian atau pustakawan. Walopun kerjaannya itu ga terlalu diangkat dan ga terlalu banyak dimunculin di filmnya, tetep aja aku bangga ada unsur “library and librarian-nya”πŸ™‚

Well, karena udah nonton filmnya.. aku jadi penasaran sama bukunya.

A must see movie and a must read book!πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s